MOHON MAAF APABILA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN DIDALAM BLOG INI, SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT BAGI PEMBACA PADA UMUMNYA DAN BAGI ADMIN PADA KHUSUSNYA. TERIMA KASIH....

Thursday, July 2, 2020

Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi makhluk hidup - disini kami akan membagi pengetahuan yang telah kami dapatkan semoga tulisan ini dapat membatu dan bermanfaat kepada kami khususnya dan kepada pembaca pada umumnya. Mohon maaf apabila ada kesalahan baik dalam bentuk tulisan atau lainnya.

Klasifikasi makhluk hidup dibedakan menjadi 3 macam, yakni:

  1. Sistem klasifikasi alamia atau sistem klasifikasi natural diciptakan oleh Theophrastus (370 SM – 285 SM) beliau merupakan salah satu murid Aristonteles didasarkan pada bentuk yang dapat dilihat dengan mata biasa (morfologi) misal tumbuhan dibagi menjadi 4 kelompok yakni pohon, semak, perdu, dan herba.
  2. Sistem klasifikasi buatan atau sistem klasifikasi artifisial diciptakan oleh Carolus Linnaeus (1707 – 1778), ilmuan swedia dikenal sebagai bapak klasifikasi. Dasar yang digunakan adalah alat reproduksi seksual, dasar lain yang digunakan adalah morfologi, merupakan penggolongan makhluk hidup berdasarkan pengaruhnya terhadap manusia. Misal : beracun atau berguna, peliharaan atau liar, gilma atau sayuran.
  3. Sistem klasifikasi filogenetik diciptakan oleh Charles Darwin 1859, menerbitkan buku tentang teori evaluasi ia menyatakan bahwa persamaan struktur tubu menunjukkan hubungan kekerabatan yang paling dekat didasarkan urutan perkembangan makhluk hidup serta mengetahui hubungan kekerabatan antara satu dengan yang lainnya. 

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah 

  • Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimiliki.
  • Mengetahui ciri-ciri suatu jenis makhluk hidup untuk membedakannya dengan makhluk hidup dari jenis lain.
  • Mengetahui hubungan kekerabatan makhluk hidup.
  • Memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanys atau belum memiliki nama.

Tiga tahapan dan mengklasifikasi makhluk hidup.

  1. Pencandraan (identifikasi) merupakan proses mengidentifikasikan atau mendeskripsikan ciri-ciri suatu makhluk hidup yang akan diklasifikasikan.
  2. Pengelompokan setelah dilakukan pencandraan makhluk hidup dikelompokkan dengan makhluk hidup lain yang mrmiliki ciri-ciri serupa. Makhluk hidup yang memiliki ciri serupa dikelompokkan dalam unit-unit yang disebut dengan takson.
  3. Pemberian nama takson selanjutnya kelompok-kelompok ini dibri nama untuk memudahkan dalam mengenal ciri-ciri suatu kelompok makhluk hidup.
Teori merupakan sesuatu yang bersifat sementara yang kita percayai sebelum ada perubahan.
Paling rendah (Ikan → amfibi → reptil → aves → mamalia ) paling tinggi
Ket : tingkat mamalia adalah primata.

Hewan yang paling primitive 

Alga → lumut → paku-pakuan → spermatofital (tumbuhan yang berbiji)

Kelompok yang memiliki ciri-ciri persamaan menunjukkan adanya tingkan yang disebut dengan takson

Urutan takson dari tingkatan yang paling tinggi ke rendah , antara lain:
  1. Kingdom (untuk hewan) / regnum (untuk tumbuhan) → paling sedikit persamaannya
  2. Filum (untuk hewan) / divisio (untuk tumbuhan)
  3. Kelas
  4. Ordo
  5. Famili
  6. Genus
  7. Species → paling banyak persamaannya.



Pengertian seni, dan cabang seni - Seni

Hari ini kami akan membahas pembahasan baru tentang seni, pengertian seni menurut beberapa tokoh dan cabang-cabang seni. Mari kita simak mem...